2.192 views

Presentasi Lewat Hape Tanpa Komputer

Tips.  Pada umumnya presentasi menggunakan media elektronik berupa LCD proyektor dan komputer (PC atau laptop).  Terkadang kita kerepotan membawa atau mempersiapkannya karena kedua alat tersebut lumayan besar dan berat.  Memang ada beberpa LCD proyektor sekarang menggunakan input USB, sehingga tanpa komputer dan hanya menggunakan flashdisk sudah bisa menjalankan file presentasi PowerPoint.
Bagaimana kalau LCD proyektornya tidak ada colokan USBnya?  Pengalaman saya ini mungkin bermanfaat bagi pembaca, semoga.  Saya ingin memanfaatkan LCD proyektor yang ada dengan input HDMI tanpa ada input USB dan saya ingin presentasi tanpa bawa laptop tetapi hanya menggunakan hape (android atau i-os). Kebetulan saya menemukan alat HDMI Dongle ezCast. Alat ini bisa menghubungkan/menampilkan layar hape ke proyektor dengan colokan HDMI, bahkan bisa juga menghubungkan hape ke TV dengan HDMI..
Cara pakainya: ezCast:
Pasang ezCast ke colokan HDMI di proyektor atau TV.
Pasang kabel (mini USB) pada ezCast dan ujung satunya USB pasang ke sumber arus USB dengan menggunakan charger hape atau lubang colokan USB di TV.
Hidupkan proyektor atau TV dan pilih inputnya HDMI.
maka akan tampil di layar seperti gambar di bawah ini.

Lewat hape, hidupkan wifi dan hubungkan sesuai SSID yang muncul di layar (foto atas), passwordnya 12345678.
Setelah terhubung wifinya, kita bisa merubah password dengan mengakses ip adress 196.168.49.1, maka wifinya akan restart dan hubungkan ulang wifi seperti di atas dengan password yang baru.
Tekan tombol yang ada di ezCast untuk mengubah mode menjadi Miracast seperti foto di bawah ini.
Buka aplikasi ezCast atau Miracast lainnya di hape yang sebelumnya sudah dipasang lewat GooglePlay.
Selanjutnya ikuti petunjuk di aplikasi tersebut.
Maka apa yang tampil di layar hape akan juga tampil di layar LCD proyektor atau TV.
Untuk menjalankan presentasi lewat hape, unduhlah aplikasi MicroSoft PowerPoint, ini salah satu aplikasi yang bisa menjalankan file dengan ekstention ppsx (power point show).
Maka kita pun bisa lebih mudah menampilkan presentasi powerpoint lewat hape tanpa terhubung dengan kabel, hanya lewat wifi, wireless.
Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Related Post

tolong komentarnya ya

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *