447 views

Khasiat Kangkung Sebagai Obat

Catatan Ringan.  Kangkung (Ipomoea aquatica), tanaman yang secara umum dikenal sebagai tanaman sayur ternyata memiliki kandungan gizi yang bisa berperan juga sebagai obat beberapa penyakit atau sebagai pencegah timbulnya beberapa penyakit.  Berikut adalah khasiat kangkung sebagai obat:

1. Kaya vitamin A
Kangkung adalah sayuran yang kaya vitamin A. Kadar vitamin A pada kangkung segar sebesar 6300 IU, sedikit lebih besar dari pada bayam yang hanya mengandung vitamin A sebesar 6000 IU.
Semakin hijau warna daunnya, semakin banyak kandungan vitamin A nya. Warna hijau tidak hanya berhubungan dengan kadar klorofil, tetapi juga menunjukkan kadar karotenoid yang membentuk vitamin A, yakni betakaroten.

2. Memenuhi Kebutuhan Vitamin C Harian
Kandungan vitamin C dalam kangkung lebih tinggi dibandingkan dengan kadar vitamin C buah pada umumnya. Jika anda kesulitan memperoleh sumber vitamin C yang murah, cobalah makan kangkung.

3. Mencegah Kekurangan Zat Besi
Kadar zat besi pada kangkung cukup tinggi, yakni sebanyak 2,5 mg/100 gr. Di dalam tubuh, zat besi memiliki peran penting dalam penyusunan darah merah.
Gejala kekurangan zat besi akan cepat terdeteksi dari pada gejala kekurangan mineral yang lain. Gejala umum kekurangan zat besi berupa badan lemah, sering pusing, rambut rontok, dan pandangan kurang tajam sebagai bentuk gejala anemia.
Saat kita merasa lesu, penambahan asupan zat besi akan membuat tubuh merasa bugar, karena terjadi peningkatan sel darah merah yang meningkatkan ketersediaan oksigen untuk otak. Suplai oksigen yang memadai akan membuat kita merasa segar. Selain itu, aliran besi yang terbawa oleh darah merah juga akan tercukupi dan tubuh akan menjadi kuat.

4. Mengatasi Bad Mood dan Depresi
Orang awam menyebut kangkung sebagai obat tidur. Kangkung baik dikonsumsi bagi orang yang sedang bad mood dan mengalami depresi. Kangkung mengandung vitamin B kompleks dan omega-3 yang cukup besar.
Secara klinis, peningkatan kadar vitamin B kompleks dan omega-3 dapat meningkatkan produksi serotin dalam otak. Peningkatan kadar hormon serotin akan menciptakan suasana nyaman yang membuat kita mudah terlelap. Selain itu, kangkung juga mengandung mineral seng dan selenium yang juga berperan untuk mengendurkan saraf hingga kita merasa enak tidur.

5. Antidiabetes
Dalam penelitiannya di laboratorium, Sokeng dan Rokeya menemukan efek antidiabetes yang dimiliki ekstrak daun kangkung. Ekstrak daun kangkung akan menghambat penyerapan gula. Dengan kemampuan ini, bagi Anda yang menderita diabetes mellitus ada baiknya bila mencoba rutin makan sayur kangkung.

kangkung tanaman obat

Related Post

tolong komentarnya ya

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *