Sungai Terpendek di Indonesia

Catatan Ringan.  Dimanakah sungai terpendek di Indonesia?  Kalau sungai terpanjang di Indonesia adalah Sungai Kapuas di Kalimantan Barat dengan panjang 1.143 km. Sungai terpanjang di dunia adalah Sungai Nil di Afrika denganvpanjang 6.650 km yang membelah sembilan negara, Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Tanzania, Rwanda, Burundi, Sudan dan Mesir.

Sungai terbesar di dunia adalah Sungai Amazon di Amerika, dikatakan terbesar karena aliran sungainya yang besar, merupakan 1/5 dari seluruh air tawar yang masuk mengalir ke laut diseluruh dunia. Luasan sungai tersebut sekitar 7.050.000 km². Lebar muara Sungai Amazon ini di Lautan Atlantik mencapai 240 km.

Sungai terpendek di Indonesia terdapat di Desa Tamborasi Kecamatan Wolo Sulawesi Tenggara, sungai ini bernama Sungai Tamborasi, panjangnya hanya 20 meter langsung menuju laut dengan lebar sungai 15 meter.  Sungai ini memiliki dua sumber air yang berbeda, yaitu air dingin yang berasal dari mata air air hanyat yang berbatasan langsung dengan laut.

Tags: