Persiapan Pendakian Gunung

Apa saja yang perlu dipersiapkan dalam perjalanan pendakian gunung?  Walaupun pendakian gunung yang bersipat santai sebagai refressing setelah kegiatan rutin sehari-hari, kita perlu mempersiapkannya dengan baik agar terhindar dari hal-hal yang membahayakan kita.  Berikut Tips yang bisa dipertimbangkan sebelum berangkat:
  1. Lakukan perencanaan yang matang.  Pemilihan lokasi, rute perjalanan, kondisi cuaca, jumlah pendaki dan jangka waktu perjalanan, semua ini pasti berhubungan dengan peralatan dan perbekalan.  Jangan lupa izin resmi dari pihak-pihak terkait.
  2. Fisik dan mental harus siap sebelum perjalanan.  Lakukan olahraga teratur sebelum berangkat sebagai pemanasan fisik kita menghadapi lelah perjalanan dan keadaan cuaca yang tidak bersahabat.
  3. Kuasai medan dan rute perjalanannya.  Kalau lokasinya belum pernah kita datangi, paling tidak cari informasi sebanyaknya dari orang yang sudah pernah kesana dan cari informasi lain seperti di internet tentang lokasi tersebut.
  4. Peralatan yang efektif dan efisien sangat membantu dalam aktivitas selama perjalanan tersebut.  Peralatan umum yang sering dibawa pendaki antara lain carrier, sepatu trekking, jaket, jas hujan (ponco), matras, sleeping bag, baju ganti, pisau, lampu (senter), korek api/fire starting, tenda, kantong plastik, kompor dan peralatan masak, tempat air, alat komunikasi dan obat-obatan.
http://satatayuhnya.blogspot.com/2015/01/persiapan-pendakian-gunung.html

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *