Modifikasi Lampu Stop dari AC ke DC

Catatan Ringan.  Saya memiliki sepeda motor Honda Beat FI (full injection) tahun 2013, saya ingin memasang lampu stop (lampu belakang, lampu rem) berjenis LED karena motif nyalanya beragam dan lebih awet dibanding lampu bohlam, sayangnya lampu LED mengharuskan penggunaan arus DC, sementara lampu belakang Honda Beat FI 2013 ini masih menggunakan arus AC, hanya lampu rem saja menggunakan arus DC.

Setelah mencari info sana sini akhirnya saya modiflah arus lampu belakang tersebut agar menjadi arus DC dan bisa menggunakan lampu LED.

Pertama kita harus membuka tutup/kap depan dan samping kanan di bawah jok motor.

modif lampu belakang beat 2013

Buka soket seperti gambar di atas, itu kabel menuju lampu belakang carilah kabel yang berwarna kuning, itu arus positif AC menuju lampu belakang, copot kabel kuning dari soket, kembalikan soket ke posisi semula tanpa memasang kabel kuning.

Kabel kuning yang sudah terlepas tadi kita sambungkan dengan kabel tabahan sekitar 50 cm (saya gunakan kabel berwarna hitam), kemudian kita sambungkan ke kabel hitam bergaris merah yang ada pada soket agak besar seperti gambar di atas.  Kabel sambungan tadi bisa kita pasang pada lubang soket dimana terletak kabel hitam bergaris merah, itu adalah kabel positif arus DC.  Silakan dicoba hidupkan kunci kontak, kalau lampu belakang menyala maka, pekerjaan kita berhasil.

Kembalikan semua soket pada posisi semula dan rapikan semua kabel, tutup kembali kap samping dan depan.  Selamat menikmati lampu LED (kalo sudah diganti) untuk lampu belakang Honda Beat FI 2013.

Untuk merubah arus AC ke DC lampu depan Honda Beat 2013 silakan lihat di sini.

Semoga bermanfaat.