Cara Menghindari Api Neraka

Catatan Ringan.  Tidak ada yang sanggup menghadapi api neraka, api di dunia aja kita tidak sanggup menahar panasnya.  Maka hindarilah api neraka.  Nabi Muhammad Sallallahu Alaihim bersabda, “Maukah kalian aku tunjukkan orang yang haram baginya tersentuh api neraka?” para sahabat berkata “mau, wahai rasulullah!” beliau menjawab “yang haram tersentuh api neraka adalah orang yang Hayyin, Layyin, Qorib, Sahl.” (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Hibban).

Hayyin
Orang yang memiliki ketenangan dan keteduhan lahir maupun batin. Tidak labil dan gampang marah, penuh pertimbangan. Tidak mudah memaki, melaknat serta teduh jiwanya.

Layyin
Orang yang lembut dan santun baik bertutur-kata atau bersikap. Tidak kasar, tidak semaunya sendiri, tidak galak, tidak suka memarahi orang yang berbeda pendapat denganya. Tidak suka melakukan pemaksaan. Lemah lembut dan selalu menginginkan kebaikan untuk orang lain.

Qorib
Akrab, ramah diajak bicara, menyenagkan bagi orang yang diajak bicara. wajahnya selalu berseri-seri dan murah senyum jika bertemu orang serta selalu menebar salam.

Sahl
Orang yang tidak mempersulit sesuatu, selalu ada solusi bagi setiap permasalahan. Tidak suka berbelit-belit, tidak menyusahkan dan tidak membuat orang lain susah.

Berusahalahlah kita menjadi salah satunya, minimal.  Semoga kita terselamatkan dari panasnya api neraka, semoga bermanfaat.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.