Bukber, Fenomena di Bulan Ramadhan

Catatan Ringan.   Buka bersama (bukber)  di bulan Ramadhan seakan sudah menjadi tradisi setiap muslim dengan komunitas mereka masing-masing.   Ada yang melaksanakannya di rumah dan yang paling banyak dilaksanakan di rumah makan.  Dengan dana patungan atau ditambah sponsor yang mendanai kegiatan ini maka jadilah acara seru kumpul-kumpul teman sambil nunggu waktu berbuka puasa.
Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah.  Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak : (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Do’a orang yang terdzolimi.” (H.R. Tirmidzi no. 2526 dan Ibnu Hibban 16/396).
Bulan Ramadhan adalah bulan pengampunan dan dilipatgandakannya pahala.   Banyak bonus pahala pada bulan ini.  Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga,” (H.R. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5/192).
Dari dua hadits Nabi Muhammad SAW di atas ada baiknya kita perbanyak doa pada saat mau berbuka puasa dan sering-sering membukakan orang yang berpuasa, bahkan banyak saudara kita yang melakukan berbagi takjil gratis sore hari menjelang berbuka.  Sementara bagi kita yang melakukan bukber biasanya kita asik ngobrol dan melepas kangen bersama teman sampai tidak terasa azan maghrib pun berkumandang tanpa sempat memperbanyak dzikir dan doa sebelum berbuka.   Dengan pelaksanaan bukber di rumah makan maka akan sulit bagi kita untuk bisa menunaikan shalat maghrib di awal waktu karena sehabis berbuka puasa pun kita masih terlalu asik untuk ngobrol dengan teman-teman mumpung bisa ngumpul.
Tidak ada salahnya kita mengadakan bukber apalagi kalau kita yang mengundang dan memberi makan buka puasanya, kalau dananya patungan maka sama aja dengan makan-makan bareng teman.  Kalau tujuannya untuk kumpul-kumpul dan temu kangen (reuni)  alangkah baiknya dilaksanakan bukan pada saat buka puasa karena waktu maghrib yang pendek akan menyusahkan kita untuk shalat di awal waktu.
Selamat menunaikan ibadah puasa,  semoga kita menjadi orang yang bertaqwa.
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.